Kyoto

Daerah-daerah penting

Kyoto Selatan

1. Kuil Fushimi-Inari

Kuil ini mungkin adalah kuil yang paling populer bagi kalangan wisatawan di Kyoto. Dengan banyak torii (gerbang kuil) berwarna oranye kemerahan, kuil Fushimi-Inari Taisha adalah salah satu lokasi foto Instagram paling terkenal di Jepang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2. Uji dan Kuil Byodo-in

Uji adalah kota kecil di selatan Kyoto yang terkenal dengan teh hijaunya. Di sini juga terdapat Byodo-in, kuil yang diabadikan di uang logam pecahan 10 yen.

Byodo-in
Kuil Byodo-in di Uji, Kyoto

Kyoto Tengah

1. Kastil Nijo

Nijo-jo_Ninomaru-goten_2009
Kastil Nijo. Sumber: wikipedia

Kastil Nijo dibangun pada tahun 1603 sebagai kediaman Tokugawa Ieyasu, shogun pertama di Periode Edo, di Kyoto. Kastil Nijo merupakan salah satu dari 17 monumen bersejarah Kyoto kuno, dan telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. Pasar Nishiki

Pasar Nishiki adalah pasar yang terletak di jalan yang sempit sepanjang 5 blok dengan lebih dari 100 toko dan restoran. Pasar ini dikenal sebagai “Dapur Kyoto” dan menjual berbagai jenis makanan jadi, seperti seafood segar dan olahan, acar sayuran, dan juga alat-alat dapur seperti pisau, panci, dsbCocok untuk mencoba berbagai jenis makanan dan mencari oleh-oleh!

nishiki
Berbagai jenis ikan kering olahan di Pasar Nishiki. Sumber: eatbickerlove.com

Kyoto Utara

Kuil Kinkaku-ji

Kuil Kinkakuji (Pavilion Emas) adalah kuil berlapis emas yang terletak di utara Kyoto dan dapat ditempuh dengan bus dari Kyoto Station. Kuil ini merupakan inspirasi dari Ginkakuji, yang memiliki arsitektur yang serupa. Dengan warna emas yang menyolok, kuil ini sangat kontras dengan lingkungan sekitar yang hijau dan asri. Jika Anda berkunjung pada musim dingin, siapa tahu Anda beruntung dapat melihat kuil ini diselimuti salju!

kinkakuji
Kuil Kinkakuji di musim dingin. Sumber: likebearstohoney.com

Kyoto Timur

1. Kuil Kiyomizudera dan Higashiyama Shopping Street

Kiyomizudera mungkin adalah salah satu kuil yang paling indah di Kyoto. Dengan nama yang berarti “Kuil Air Murni”, kuil ini dibangun pada tahun 780 dan dialiri oleh air terjun Otowa yang sangat jernih. Pada tahun 1994, kuil ini dinobatkan menjadi salah satu Situs Peninggalan Dunia oleh UNESCO. Di jalan menuju kuil ini, terdapat Higashiyama Shopping Street, dengan banyak toko suvenir.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2. Gion

Gion adalah daerah Geisha paling terkenal di Kyoto yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Kuil Kiyomizudera. Terdapat banyak toko, restoran, dan kedai teh (ochaya), di mana para geiko (dialek Kyoto untuk geisha) dan maiko (geisha muda) bekerja sebagai penghibur. Di sini, Anda bisa menikmati bangunan-bangunan tua dan terkadang melihat geisha yang berjalan kaki menuju tempat kerjanya.

giongeisha
Geisha di Gion, Kyoto. Sumber: gotravel.hr

3. Kuil Sanjusangendo

Kuil Sanjusangendo terkenal dengan 1001 patung Buddha di ruang utamanya. Di dalam kuil dengan panjang 120 meter dan merupakan struktur dari kayu terpanjang di Jepang ini, terdapat 1 patung kayu besar dari Kannon (Guan Yin) yang diapit oleh 500 patung Kannon berukuran manusia, masing-masing di sebelah kiri dan kanannya. Jangan lewatkan pemandangan yang luar biasa ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

4. Kuil Ginkakuji dan Jalan Filsuf

Ginkakuji
Ginkakuji di musim dingin. Sumber: flickr.com

Ginkakuji merupakan kuil Zen di daerah Higashiyama, Kyoto dengan bangunan utama bernama Pavilion Perak, beberapa bangunan kuil, taman lumut yang indah, dan sebuah taman pasir yang unik. Di dekat kuil ini terdapat Jalan Filsuf (Philosopher’s Path),  sepotong jalan batu yang asri dengan pohon-pohon sakura di musim semi.

phiolosopherpath
Jalan Filsuf di musim semi. Sumber: flickr.com

Kyoto Barat

Arashiyama

Arashiyama terletak di sebelah barat Kota Kyoto, dan merupakan daerah yang ramai dikunjungi pada musim sakura dan musim gugur. Jembatan Togetsukyo adalah struktur paling terkenal di Arashiyama, dan banyak terdapat toko dan restoran di sekitarnya. Selain itu, hutan bambu Arashiyama dan Kuil Tenryuji juga sering dikunjungi para wisatawan asing dan domestik. Jika ada waktu, Anda bisa mencoba naik perahu mengarungi sungai Hozugawa.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kuliner

1. Aneka jajan pasar di Pasar Nishiki

2. Daerah Pontocho dan Kawayuka (restoran di atas sungai Kamogawa)

Pontocho adalah salah satu daerah khas tempat menikmati berbagai macam hidangan di Kyoto. Daerah ini terletak di gang sempit yang terletak di sebelah Sungai Kamogawa. Berbagai macam restoran dari restoran yakitori (sate ayam) yang tidak mahal sampai restoran eksklusif khas Kyoto bisa ditemukan di sini.

Pontocho
Seorang Geisha sedang berjalan di Pontocho

Restoran-restoran yang menghadap Sungai Kamogawa menyediakan ruang terbuka di atas sungai, di mana para tamu dapat menikmati hidangan di udara terbuka pada bulan Mei sampai September. Gaya restoran seperti ini dikenal dengan nama Kawayuka, yang bertujuan untuk mengurangi rasa panas di musim panas yang menyengat. Jika Anda ingin mencobanya, jangan lupa untuk memesan tempat sebelumnya, terutama pada akhir pekan.

kawayuka
Kawayuka di atas Sungai Kamogawa, Pontocho

Aktivitas

1. Mengenakan kimono dan make-up ala Geisha

Liburan di Kyoto belum lengkap tanpa mencoba mengenakan kimono dan make-up ala seorang Geisha. Anda bisa melihat beberapa lokasi yang menyediakan sewa kimono di sini.

aya02
Pengalaman mengenakan kimono dan berdandan ala Geisha. Sumber: kyoto-maiko.com

2. Taman Monyet Iwatayama

Taman Monyet Iwatayama adalah sejenis kebun binatang di Arashiyama yang ditinggali oleh segerombolan monyet Jepang dengan jumlah lebih dari 170 ekor. Monyet-monyet ini hidup liar, tetapi dapat diberi makan makanan khusus yang bisa dibeli di lokasi.

Monkey park
Taman Monyet Iwatayama. Sumber: Shutterstock.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s