Tokyo

  1. Tokyo Tengah: Akihabara, Ginza, Tokyo Station
  2. Tokyo Utara: Tokyo Sky Tree, Asakusa, Ueno
  3. Tokyo Barat: Shibuya, Shinjuku, Harajuku
  4. Tokyo Selatan: Odaiba, Roppongi, Tokyo Tower
  5. Luar Tokyo: Disneyland, Gunung Fuji, Yokohama

tokyo

Sekarang, Tokyo dikenal sebagai pusat belanja, hiburan, budaya, dan kuliner. Jika ingin mengenal sejarah kota Tokyo, Anda bisa mengunjungi distrik Asakusa dengan suasana Edo zaman dahulu dan berbagai museum, kuil dan taman yang bersejarah.

Daerah-daerah Penting

Tokyo Tengah

1. Akihabara

akiba
Akihabara di malam hari. Sumber: aumo.jp

Akihabara adalah pusat elektronika dan kultur pop Jepang. Tempat ini dikenal sebagai “surga” para penggemar manga dan anime, yang dikenal dengan sebutan orang-orang “Otaku“. Di hari Minggu, jalan utama daerah ini ditutup untuk kendaraan bermotor pada pukul 13:00 sampai 18:00 (sampai pukul 17:00 selama musim gugur dan dingin).

maidcafe
Maid Cafe di Akihabara. Sumber: maidreamin.com

Selain toko-toko elektronik, salah satu hal unik yang dapat Anda jumpai di Akihabara adalah Maid Cafe, di mana para pelayan cafe mengenakan pakaian layaknya para asisten rumah tangga zaman dahulu di daerah Eropa. Walaupun banyak yang mengenakan pakaian yang cukup minim, jangan sekali-kali melecehkan mereka, ya!

2. Ginza

Ginza adalah pusat belanja, kuliner, dan hiburan kelas tinggi terpopuler di Tokyo. Ginza juga dikenal sebagai daerah termahal di Jepang, di mana 1 meter persegi lahan di sini memiliki nilai sebesar 10 juta yen. Tidak heran jika hampir semua barang di tempat ini berharga premium.

ginza
Wako store, Ginza. Sumber: jw-webmagazine.com

Jika Anda berjalan-jalan di Ginza dan merasa lapar, jangan kuatir karena ada beberapa pilihan tempat makan yang tidak akan membuat kantung anda kempes, yaitu Yoshinoya Beef Bowl Ginza 3-chome dan Kyushu Jangara Ramen Ginza 6-chome (non halal).

3. Tokyo Station dan Marunouchi

Gedung Tokyo Station, stasiun utama di Tokyo, adalah salah satu gedung yang paling terkenal di Tokyo. Banyak orang yang berfoto di depan gedung yang memiliki desain batu bata merah yang megah ini. Di dekat Tokyo Station, terdapat kompleks perkantoran Marunouchi tempat kantor pusat berbagai perusahaan dan bank berskala global.

Screen Shot 2018-10-10 at 22.44.18
Tokyo Station dan Marunouchi. Sumber: photohito.com

Tokyo Utara

1. Tokyo Sky Tree

SkyTree
Tokyo Sky Tree. Sumber: japan-guide.com

Tokyo Sky Tree adalah menara televisi dengan ketinggian 634 meter dan merupakan simbol terbaru Kota Tokyo. Menara ini berada di tengah pusat belanja Tokyo Skytree Town dan Sumida Aquarium, tidak jauh dari Asakusa.

2. Asakusa

Screen Shot 2018-10-11 at 0.14.35
Gerbang Halilintar. Sumber: photohito.com

Asakusa adalah pusat dari “kota tua” Tokyo dengan suasana Tokyo kuno yang masih kental. Sensoji, kuil Buddha yang populer yang dapat dicapai dengan melalui Kaminari-mon (gerbang halilintar), merupakan tujuan utama bagi banyak pengunjung. Jalan Nakamise antara gerbang halilintar dan kuil utama terkenal dengan toko-toko penganan tradisional dan suvenir bagi para turis.

Nakamise-now
Jalan Nakamise dan Kuil Sensoji. Sumber: jw-webmagazine.com
Kaminarimon-nakamise-sensoji
Bird-view dari Gerbang Halilintar, Jalan Nakamise, sampai Kuil Sensoji. Sumber: jw-webmagazine.com

3. Ueno

ameyokocho
Ameyokocho di Ueno. Sumber: allabout-japan.com

Di Ueno terdapat Ameyokocho, jalan pasar yang menjual berbagai produk dari seafood sampai pakaian dan tas. Selain itu, juga terdapat Ueno Park, tempat banyak orang Tokyo menikmati mekarnya bunga sakura (Hanami) dan Ueno Zoo, di mana terdapat panda yang merupakan maskot kebun binatang ini. Hoppy Street, di mana terdapat banyak warung minum ekonomis, juga ramai dikunjungi penduduk Tokyo dan para wisatawan.

src_10985908
Giant Panda di Ueno Zoo. Sumber: 4travel.jp

Tokyo Barat

1. Shibuya

Shibuya merupakan daerah pusat belanja dan hiburan yang terletak di sekitar Stasiun Shibuya. Daerah ini dikenal sebagai salah satu daerah tersibuk di Tokyo yang penuh dengan toko, restoran, dan klub malam. Shibuya juga dikenal sebagai pusat fashion dan budaya anak muda di Jepang. Perempatan Shibuya dikabarkan merupakan perempatan tersibuk di dunia!

Shibuya-Crossing-GettyImages-533959897

2. Shinjuku

Stasiun Shinjuku adalah stasiun tersibuk di dunia! Setiap hari sekitar 2 juta penumpang menggunakan stasiun ini, yang dilalui oleh lebih dari 10 jalur kereta dan kereta bawah tanah.

Di sebelah barat stasiun ini terdapat distrik pencakar langit, lokasi banyak gedung-gedung tertinggi di Tokyo, salah satunya adalah Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo, yang memiliki dek observasi yang dibuka untuk umum tanpa bayaran.

gedungpemerintahantokyo
Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo. Sumber: fastjapan.com
shinjuku
Pemandangan malam daerah Shinjuku, dilihat dari Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo.

Di sebelah timur laut dari Stasiun Shinjuku, terdapat Kabukicho, daerah pusat hiburan malam terbesar dan “paling liar” di Jepang. Harap berhati-hati jika Anda datang ke sini pada malam hari.

kabukicho
Kabukicho, pusat hiburan malam Tokyo. Sumber: livedoor.blogimg.jp

3. Harajuku

Harajuku berada di antara Shibuya dan Shinjuku. Tempat ini merupakan pusat kultur dan fashion remaja yang paling ekstrim di Jepang, yang terpusat di Jalan Takeshita. dengan toko-toko trendi, butik, toko pakaian bekas, kios crepe, dan penjaja makanan cepat saji.

takeshitastreet.jpg
Fashion ekstrim di Jalan Takeshita, Harajuku. Sumber: jpninfo.com

Tokyo Selatan

1. Odaiba

お台場
Aqua City dan gedung Fuji TV di Odaiba. Sumber: yakei-kabegami.com

Odaiba adalah daerah belanja dan hiburan bagi anak muda yang populer di sebuah pulau buatan. Zaman dahulu, daerah ini terdiri atas pulau-pulau kecil buatan manusia yang berfungsi sebagai  benteng pertahanan bagi kota Tokyo, yang kemudian direklamasi secara besar-besaran, dan selesai pada akhir 1990-an, menjadi satu pulau buatan besar. Jembatan Pelangi (Rainbow Bridge) yang menghubungkan Odaiba dengan pusat kota Tokyo sangat indah untuk dinikmati setelah matahari tenggelam dari taman.

rainbowbridge
Rainbow Bridge di malam hari. Sumber: wikipedia.com

2. Roppongi

roppongiHills
Roppongi Hills. Sumber: japan-guide.com

Di sini terdapat Roppongi Hills, “kota di dalam kota” yang dibuka pada tahun 2003 dan merupakan kompleks bangunan dengan pertokoan, perkantoran, hotel, museum seni, dan dek observasi. Banyak perusahaan IT besar yang memiliki kantor pusat di tempat ini. Stasiun TV Asahi juga terdapat di kompleks ini dan sering mengadakan acara menarik di hari Sabtu dan Minggu. Mungkin Anda bisa bertemu dengan karakter Crayon Shin-chan di sini!

Screen Shot 2018-10-11 at 12.06.42 PM
Karakter Crayon Shinchan di kafe Stasiun TV Asahi di Roppongi. Sumber: oricon.co.jp

Roppongi juga dikenal sebagai daerah hiburan malam yang trendy dan terdapat banyak bar dan restoran yang ramai dikunjungi komunitas ekspat di Tokyo.

diatokyo_blog33
Bar di Roppongi. Sumber: japan-nightclub.com

3. Tokyo Tower

Tokyo Tower (333 meter) sempat menjadi menara simbol Kota Tokyo sampai Tokyo Sky Tree selesai dibangun. Sekarang, menara ini masih berfungsi sebagai pemancar siaran TV dan masih sering dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk Tokyo.

bottom view of tokyo tower
Tokyo Tower. Sumber: pexels.com

Luar Tokyo

1. Disneyland dan Disney Sea

disneyland
Tokyo Disneyland. Sumber: tdrexplorer.com

Disneyland dan Disney Sea berada di satu kompleks Tokyo Disney Resort,  yang sebenarnya berada di Prefektur Chiba di luar Tokyo. Taman hiburan ini sangat populer dan selalu ramai pengunjung. Sediakan 1 hari untuk 1 lokasi, terutama pada akhir pekan karena pasti ada antrian yang cukup panjang di hampir semua atraksi. Disney Sea lebih seusai bagi remaja dan orang dewasa, dan Disneyland lebih condong sesuai bagi anak-anak.

Disneysea
Tokyo Disney Sea. Sumber: alphacoders.com

2. Gunung Fuji

Untuk menikmati pemandangan keindahan Gunung Fuji, Anda bisa mengunjungi Kawaguchi-ko (Danau Kawaguchi) dengan bis dari Shinjuku Station. Alternatif lain adalah dengan mengunjungi Nikko atau Hakone ketika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut.

Screen Shot 2018-10-11 at 2.00.47 PM
Gunung Fuji dari Kawaguchi-ko. Sumber: zekkeijapan.com

3. Yokohama

yokohama
Minato-mirai di Yokohama. Sumber: Franliber, Inc.

Yokohama adalah kota kedua terbesar di Jepang berdasarkan jumlah penduduk yang dapat dicapai dalam waktu 30-50 menit dengan kereta dari Tokyo. Selain kompleks perbelanjaan dan hiburan Minato-mirai, juga terdapat Chinatown terbesar di Jepang, Yokohama Chukagai.

yokohama-chuukagai
Yokohama Chinatown. Sumber: matome.naver.jp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s