Osaka

Daerah-daerah Penting

Daerah Kita (Umeda dan sekitarnya)

Screen Shot 2018-10-10 at 23.03.50
Lucua & Lucua 101 Department store. Sumber: machicarrot.com

Dalam Bahasa Jepang, “Kita” berarti Utara. Daerah Kita adalah salah satu dari 2 pusat kota Osaka (yang kedua adalah daerah Minami, yang berarti “Selatan”). Banyak wisatawan menjadikan daerah ini pusat dalam menjelajahi Osaka karena lokasinya yang strategis dan berjarak hanya 3 stasiun dari Shin-Osaka, tempat pemberhentian kereta api super cepat Shinkansen. Pusat daerah ini terletak di sekitar Osaka Station City yang belum lama ini direnovasi secara besar-besaran.

Grandfront
Grand Front Osaka

Di daerah yang chic ini, Anda dapat menjumpai pusat-pusat perbelajaan utama di Osaka dan kantor berbagai perusahaan besar. Banyak juga terdapat restoran dan bar dengan suasana tradisional maupun modern. Beberapa hotel terbesar dan ternama juga berada di sini, seperti Hilton Osaka, Ritz-Carlton Osaka, InterContinental Osaka, dll. Bagi Anda yang suka berbelanja, jangan lupa kunjungi Hankyu Department Store, HEP Five, Hankyu Men’s (yang menjual berbagai produk trendi khusus pria), Lucua & Lucua 110 Department Store, Yodobashi Camera, dan Grand Front Osaka. Di daerah iini juga terdapat Umeda Sky Building dengan Floating Garden di lantai ke-40.

umedasky
Umeda Sky Building. Sumber: justgola.com

Daerah Minami (Shinsaibashi, Namba dan Dotombori, Shinsekai)

Minami, yang berarti “Selatan” di dalam Bahasa Jepang, merupakan pusat kota kedua di Osaka setelah Kita (Umeda). Daerah Minami meliputi area sekitar Nippombashi, Shinsaibashi, Namba (termasuk Dotombori), dan Shinsekai. Penduduk Osaka dengan aksennya yang medok sering datang ke daerah ini untuk makan dan minum bersama rekan kerja atau keluarga.

Shinsaibashi
Shinsaibashi Shopping Arcade. Sumber: theculturetrip.com

Jalan Midosuji yang menghubungkan Shinsaibashi dan Namba merupakan daerah “berkelas” dengan toko-toko mewahnya. Di selatan Namba, Anda bisa menjumpai Den-den Town, sepotong jalan dengan banyak toko elektronik dan anime dan terletak dekat pasar Kuromon Ichiba. Tsutenkaku adalah menara bersejarah di Osaka yang sekarang dikenal sebagai menara “prakiraan cuaca”. Di sekitar menara ini terdapat toko-toko dan restoran bertema retro, dan pengunjung bahkan dapat bermain ding-dong seperti periode tahun 1990-an di Indonesia.

shinsekai
Shinsekai dengan menara Tsutenkaku di malam hari. Sumber: japanhoppers

 

Sekitar Osaka

Di utara Osaka terdapat 2 tujuan wisata yang layak dikunjungi pada musim semi atau musim gugur ketika cuaca cerah. Yang pertama adalah Expo Park (Banpaku Kinen Koen), lokasi tempat diadakannya Expo ’70. Di sebelah taman ini terdapat kompleks perbelanjaan terbesar di Jepang, Expo City, lengkap dengan Redhorse Osaka Wheel, bianglala tertinggi di seluruh Jepang.

expo
Tower of the Sun di Expo Park

Lokasi kedua adalah Minoh Park dengan air terjunnya yang dikenal sebagai power spot atau lokasi di mana pengunjung dapat merasa tenang dan menyatu dengan alam yang asri.

Minoh
Minoh Park di musim gugur – photo by http://www.pantown.com

Kuliner

takoyaki
Takoyaki

Wisata di Osaka tidaklah lengkap tanpa menikmati berbagai hidangan kulinernya. Takoyaki adalah hidangan khas asli Osaka berupa bola-bola kecil dari adonan tepung terigu yang berisi potongan gurita dan dihidangkan dengan saus khas Osaka. Takoyaki yang baru selesai dipanggang sangat cocok dinikmati sebagai snack setelah berjalan-jalan seharian. Hati-hati panas!

Okonomiyaki, juga dikenal dengan sebutan “pizza Jepang”, adalah hidangan dari adonan encer tepung terigu yang dicampur kol, bawang, bersama daging atau seafood.

okonomiyaki
Okonomiyaki khas Osaka

Selain kedua hidangan khas di atas, Osaka juga terkenal dengan ramen hitam, dengan kuah yang dicampur dengan kecap shoyu kental. Di daerah Umeda dan Namba, terdapat restoran Osaka Tonteki (non halal), yang menghidangkan steak daging babi yang disiram dengan saus khas Osaka.

tonteki
Osaka Tonteki – sumber: kansai-tabearuki.com

Bagi penggemar sushi, bisa mencoba warung sushi Edo-mae Harukoma Honten yang selalu ramai pengunjung. Warung yang terletak dekat pasar Tenma ini buka pukul 11 pagi, dan pengunjung biasa mulai mengantri sejak pukul 10:30.

春駒
Satu set sushi di Harukoma Honten

Berbagai Atraksi

usj
Universal Studios Japan, Osaka

Jika Anda berwisata bersama teman atau keluarga, jangan lupa kunjungi Universal Studios Japan dengan berbagai atraksi permainan dan pertunjukan yang sangat menarik. Selain itu, Osaka Aquarium Kaiyukan juga layak dikunjungi dengan hiu pausnya yang berenang-renang bersama ikan-ikan lain di dalam akuarium berukuran raksasa. Di Expo City juga terdapat berbagai atraksi yang menarik, seperti kebun binatang indoor, tempat bermain anak, dll.

6412000100674
Osaka Aquarium Kaiyukan. Sumber: asp.hotel-story.ne.jp
20180324_112043_434470
Expo City di Osaka bagian utara. Sumber: osp.osaka-info.jp